Selasa, 01 September 2009

Mencari Blogpreneur Sejati Blog Enterpreneur

Begitu banyak orang yang berjiwa pekerja keras namun sedikit orang yang berjiwa enterpreneur, maksud saya banyak orang yang menginginkan pekerjaan kantoran yang mentereng namun jarang orang yang ingin berusaha menjadi enterpreneur. Begitulah kondisi kita ini, lebih suka menjadi pekerja dan buruh ketimbang menjadi orang yang mempunyai perusahaan dan usaha sendiri. Mayoritas orang hanya berpikir, "lebih baik saya bekerja dan mendapatkan duit berupa gaji bulanan ketimbang menjadi enterpreneur yang hasilnya tidak menentu alias bisa naik dan turun". Benarkah pekerja lebih baik daripada enterpreneur ?? InsyaAlloh dalam tulisan ini saya akan menjelaskan panjang lebar mengenai perbedaan nyata antara pekerja gajian dengan para enterpreneur dengan pendekatan Blogpreneur.

Apakah Blogpreneur ?

Blogpreneur adalah gabungan dari dua buah kata yaitu Blog dan EnterPreneur. Blog merupakan kata benda yang berarti sebuah tempat untuk mengarsip dan mempromosikan segala ide, informasi baik berupa berita yang berbentuk tulisan, audio, maupun video sehingga bisa dilihat dan dinikmati oleh orang lain. Syarat adanya blog secara maintenance adalah adanya nama domain ataupun sub-domain dan kedua adalah hosting. Domain blog adalah nama sebuah blog yang biasanya diakhiri dengan ekstensi nasional seperti web.id maupun internasional seperti .com, .net, atau .info, sedangkan sub-domain adalah nama blog yang menumpang kepada domain lainnya atau bagian dari domain tertentu, contohnya adalah tukang-kritik.blogspot.com artinya nama sub-domain blog ini adalah tukang-kritik yang merupakan bagian dari domain blogspot.com.
Selain secara mantenance jika seorang ingin menjadi seorang blogpreneur hendaknya memperhatikan kualitas blognya. Kualitas blog dapat dimulai dari beberapa faktor yaitu :
1. Konten Blog. Biasanya para pembaca Mencari informasi yang ingin dia dapatkan dari internet dan mereka menggunakan search engine entah Google, Yahoo, Bing, MSN, dll. Jika seorang menulis konten yang berbobot dan bernilai tinggi. Jika seorang pembaca senang dengan apa yang dibaca dalam suatu blog maka kemungkinan besar dia kan kembali lagi ke blog tersebut, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi seorang Blogpreneur. Sedangkan untuk mencari konten yang baik dapat didapat dari dua cara yaitu : pertama, Mencarinya melalui koran, tabloid, majalah, dan lain-lainnya dan Kedua, mencari konten berdasarkan pengalaman pribadi, model konten semacam ini sangatlah original karena pengalaman pribadi adalah sangat khusus dan sulit ditiru oleh orang lain. Pengalaman pribadi ini tentunya bermacam-macam bidangnya dan bila pengalaman tersebut berdasarkan keahlian maka konten blog tersebut akan berupa konten original dengan sebuah niche yang khas.
2. Template Blog. Template Blog baik berupa kualitas tampilan maupun kecepatan sangat berpengaruh terhadap bisnis seorang Blogpreneur karena semakin bagus templatenya seorang pembaca akan semakin senang. Mereka juga akan betah kembali lagi ke blog tersebut karena penggunaan template begitu mudah dan cepat
3. Komunikasi Dengan Pembaca. Komunikasi dengan pembaca berarti mengatur dialog dengan pembaca baik lewat menanggapi komentar dan request tertentu seperti link exchange, tips, dll.
Dan banyak faktor lainnya, mungkin begitu banyak yang bisa ditambahkan silakan komentar ya.

Mencari Blogpreneur Sejati

Sebenarnya Blogpreneur Sejati tidaklah perlu dicari karena di ranah blogosphere kita sudah mendapati begitu banyak para blogpreneur, meskipun untuk yang sejati masih terbilang sedikit. Kata "Mencari Blogpreneur Sejati" mungkin lebih tepat ditujukan kepada diri kita alias diharapkan blogpreneur sejati itu adalah kita sendiri. Ada beberapa karakteristik Blogpreneur Sejati, sehingga kita dapat mencari blogpreneur sejati dengan mudah. Beberapa karakteristik blogpreneur sejati adalah sebagai berikut :
1. Mayoritas penghasilannya adalah dari nge-blog.
2. Mayoritas waktunya digunakan untuk menghasilkan uang dengan blog.
3. Rela mengeluarkan biaya dan tenaga untuk kesuksesannya di dunia blog.
4. Berjuang dengan keras untuk mencapai sukses tanpa kenal lelah.
5. Senantiasa belajar dari siapapun untuk mencapai kesuksesan
Itulah beberapa karakteristik dari seorang blogpreneur sejati. Apakah sulit mendapatkannya di ranah blogosphere, jawabannya tidak. Diantara blogpreneur sejati itu ada yang sukses dengan model bisnis yang berbeda-beda ada yang sukses melalui bisnis affiliasi, google adsense, menjual barang pribadi, dll. Lalu bagaimana dengan saya dan anda ??

Comments :

0 komentar to “Mencari Blogpreneur Sejati Blog Enterpreneur”

Posting Komentar